Apa Saja Penyebab Anak Muntah-Muntah?

Apa Saja Penyebab Anak Muntah-Muntah?

OBAT HERBAL ANAK, – Apa Saja Penyebab Anak Muntah-Muntah? Anda para orang tua harus mengetahuinya, sebab para orang tua memang sering kali tidak tahu apa yang terjadi pada anaknya dan justru malah panik tidak karuan ketika anaknya muntah-muntah. Mungkin itu karena para orang tua tidak tahu apa yang sebenarnya menyebabkan anak muntah-muntah, sehingga khawatir berlebihan.

Apa Saja Penyebab Anak Muntah-Muntah?

Berikut inilah penyebab anak muntah-muntah yang harus para orang tua ketahui, antara lain :

Reaksi Obat Tertentu

Anak yang muntah-muntah dapat disebabkan oleh obat tertentu, yakni muntah-muntah merupakan efek samping dari konsumsi obat tertentu. Bagi anak yang menjalani kemoterapi, tidak heran jika merasa mual dan muntah. Sebab, efek samping kemoterapi tidak hanya memengaruhi rambut saja, tapi juga memengaruhi kesehatan pencernaan, di mana pasien akan merasa mual dan muntah.

Infeksi Virus

Infeksi virus merupakan penyebab yang cukup sering membuat anak muntah-muntah. Rotavirus adalah yang paling umum, yakni terjadi gastroentritis akut. Rotavirus juga penyebab diare pada anak yang terkadang bisa sampai muntaber. Jika anak muntah-muntah disertai diare hebat, demam dan nyeri di bagian perut, maka kemungkinan itu adalah gejala infeksi rotavirus. (Baca Juga : Cara Ampuh Mengobati Jantung Bocor Pada Anak)

Keracunan Makanan

Keracunan makanan banyak terjadi pada anak-anak usia sekolah, ketika mereka jauh dari pantauan orang tua, seperti saat sekolah atau saat bermain. Maka jika anak Anda tiba-tiba muntah-muntah, coba tanyakan padanya apa yang ia makan selama ia jauh dari pantauan Anda. Bisa saja ia keracunan makanan di sekolah atau di tempat lain saat sedang jajan bersama temannya.

Menelan Substansi Beracun secara Tidak Sengaja

Anak-anak memang sering kali membuat ulah karena rasa penasarannya yang tinggi. Mereka bisa saja secara tidak sengaja menelan sesuatu yang beracun. Maka bila anak Anda muntah-muntah, kemungkinan ada substansi beracun yang tertelan olehnya, seperti bahan kimia, obat, makanan, atau minuman yang sudah terkontaminasi.

Alergi

Anak penderita alergi juga bisa mengalami muntah-muntah, di mana kondisi ini terjadi paling sering pada anak usia 6-12 bulan ke bawah. Khusus pada anak dengan usia 3-6 bulan, keluhan muntah biasanya akan dialami 2-5 kali dalam sehari dan seiring bertambahnya usia, kondisi akan membaik. Pada umumnya, muntah karena alergi akan disertai sakit tenggorokan, pilek, batuk dan pusing.

Terlalu Banyak Makan

Terlalu banyak makan juga bisa membuat anak muntah-muntah. Bahkan bagi orang dewasa pun jika terlalu banyak makan akan terasa mual, apalagi bagi anak-anak. Tanpa pengawasan orang tua, anak memang bisa saja terlalu banyak makan, karena mereka belum tahu efek dari terlalu banyak makan. Oleh karena itu, selalu awasi anak Anda dimana pun berada. (Baca Juga : Obat Penambah Nafsu Makan Anak Yang Bagus)

Aktivitas Fisik setelah Makan

Setelah makan, ada baiknya rehat sejenak untuk membiarkan makanan turun. Jangan langsung tidur setelah makan, apalagi langsung beraktivitas setelah makan. Melakukan aktivitas fisik tepat sehabis makan bisa berefek mual dan muntah, karena makanan di dalam perut belum turun.

Efek Kekerasan

Anak muntah-muntah bisa juga karena efek kekerasan, misalnya berkelahi dengan temannya atau dipukul temannya. Anda perlu menanyakan dan memeriksa fisik anak Anda jika memang faktor-faktor penyebab yang sudah disebutkan di atas tidaklah memungkinkan.

Aroma Tertentu

Mencium aroma tertentu juga bisa menyebabkan anak muntah-muntah. Bila anak Anda mengalami muntah karena menghirup aroma tertentu, bawa ia menjauh dari bau tersebut.

Radang Usus Buntu

Radang usus buntu rata-rata terjadi pada anak-anak. Jika anak Anda muntah-muntah yang disertai sakit perut kanan bawah, Anda perlu bertindak segera dengan meminta bantuan medis.

Asma

Penyakit asma ternyata bisa memberikan dampak muntah-muntah ketika asma kambuh.

Pasca Operasi

Anak muntah-muntah juga bisa dikarenakan efek pasca operasi.

Gangguan Metabolik

Faktor lain yang bisa menyebabkan anak muntah-muntah adalah adanya gangguan metabolik pada tubuhnya. Ini berpotensi mengganggu bagian perut serta otak yang menjadi koordinator muntah.

Cegukan

Cegukan dapat menyebabkan muntah? Ada beberapa kasus di mana seseorang bisa cegukan dan kemudian memicu muntah. Kemungkinan anak Anda pun bisa mengalaminya, dan apabila benar, sebaiknya Anda membantunya mengatasi cegukannya lebih dulu supaya tidak lagi muntah. Beri air putih pada anak Anda untuk meredakan cegukan. (Baca Juga : Obat Ginjal Bocor Yang Aman Untuk Anak)

Sakit Batuk

Anak kecil biasanya cukup sering menderita penyakit batuk karena memang daya tahan tubuhnya yang masih belum terlalu kuat. Pada umumnya, si kecil ketika batuk akan merasa ingin seperti muntah, tapi ada pula yang sampai benar-benar muntah. Jika memang si kecil muntah karena batuk, Anda bisa mencoba mencari obat batuk yang aman baginya.

Gugup

Ada anak yang terlahir aktif dan penuh percaya diri, namun ada pula anak yang mudah gugup. Anak bisa muntah tiba-tiba padahal tidak sakit atau tidak keracunan, maka mungkin saja ia mengalami rasa gugup berlebihan sehingga muntah terus-menerus.

Gangguan Sistem Sensorik

Sistem sensorik dan otak yang mengalami gangguan tentunya bisa berdampak pada sistem pencernaan. Anak yang muntah-muntah secara berkelanjutan bisa jadi karena ada gangguan kesehatan sistem saraf otak di dalam tubuhnya. Di bawah ini merupakan sejumlah jenis kondisi kesehatan yang bisa memengaruhi sistem sensorik:

  • Tumor otak
  • Migrain
  • Gegar otak
  • Penyakit meniere
  • Motion sickness
  • Perdarahan otak

Itulah beberapa hal yang menyebabkan anak muntah-muntah. Dan demikianlah artikel mengenai “Apa Saja Penyebab Anak Muntah-Muntah?”. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca terutama para orang tua, sebagai bekal dalam menjaga dan merawat anak-anaknya.

Baca Juga :

Apa Penyebab Anak Kurang Nafsu Makan?

Tips Menangani Anak Yang Tidak Mau Sekolah

Nutrisi Apa yang Diperlukan Anak Saat Ujian Sekolah?

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Apa yang Menyebabkan Gigi Anak Berwarna Hitam? | OBAT HERBAL AMAN UNTUK ANAK

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*