Apakah Alergi Bisa Diturunkan Pada Anak?

Apakah Alergi Bisa Diturunkan Pada Anak?

OBAT HERBAL ANAK, – Alergi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali dijumpai, bahkan mungkin sangat mudah dijumpai. Tapi, Apakah Alergi Bisa Diturunkan Pada Anak? Pertanyaan tersebut jadi sangat menarik untuk Kita bahas pada kesempatan ini. Pasalnya, dengan begitu banyaknya penderita alergi, rasa-rasanya jadi penasaran, apakah mungkin alergi bisa diturunkan orang tua pada anaknya? Mari Kita simak pembahasannya berikut ini!

Apakah Alergi Bisa Diturunkan Pada Anak?

Alergi adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami serangkaian gejala yang timbul sebagai reaksi dari sistem tubuh (imun) terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak berbahaya. Bisa berupa substansi yang masuk atau bersentuhan dengan tubuh. Sesuatu yang jadi penyebab alergi tersebut disebut alergen.

Apa mungkin alergi bisa diturunkan orang tua pada anaknya?

Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan alergi makanan. Mulai dari faktor genetik dan lingkungan, kekurangan vitamin D, hingga konsumsi makanan yang tidak sehat dan obesitas. Kemudian, penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang terlahir dari orang tua yang menderita alergi kacang berisiko 7x lipat mengalami alergi yang sama dibandingkan dengan anak lainnya yang terlahir dari orang tua yang tidak menderita alergi kacang. Hal itu manandakan bahwa faktor keturunan atau faktor genetik menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam menyebabkan alergi makanan. (Baca Juga : Ciri-Ciri Penyakit Polip Hidung Pada Anak)

Selain itu, alergi makanan juga lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Di mana pada anak- anak, kasus alergi makanan terjadi hingga mencapai 8%. Sementara pada orang dewasa hanya sekitar 5% saja. Namun, seiring bertambahnya usia, alergi makanan pada sebagian anak akan menghilang dengan sendiri, sementara pada sebagian lainnya akan tetap mengalaminya.

Apakah alergi anak akan sama persis dengan orang tuanya?

Para ahli kesehatan memang telah menemukan beberapa gen yang diduga berkaitan erat dengan alergi. Sebuah data juga menunjukkan bahwa risiko alergi pada anak meningkat hingga 2-4 kali lipat jika memiliki riwayat keluarga dengan alergi. Dan juga risiko alergi pada anak diketahui lebih tinggi bila kedua orang tuanya atau hanya ibu yang memiliki alergi.

Namun, alergi pada anak ternyata tidak akan sama dengan orang tuanya. Orang tua hanya menurunkan risiko atau kemungkinan alergi saja pada anaknya, tidak dengan jenis alerginya. Artinya, jika orang tua menderita alergi, maka anaknya kemungkinan tinggi memiliki alergi, tapi mengenai jenis alerginya tidak bisa dipastikan akan sama dengan yang dialami orang tuanya. (Baca Juga : Apa Boleh Penderita Psoriasis Makan Jeroan?)

Apakah alergi bisa disembuhkan?

Alergi memang tidak mudah disembuhkan. Obat yang ada untuk mengobati alergi mungkin hanya bersifat meredakan reaksi alergi yang timbul pada tubuh, bukan menyembuhkan secara total. Namun, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa alergi bisa menghilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Dan itu terjadi pada sebagian kasus alergi pada anak. Selain itu, meski obat yang ada hanya bersifat meredakan reaksi alergi saja, itu sudah sangat membantu sekali, karena alergi memang tidak bisa dibiarkan begitu saja sebab sangat mengganggu.

Kambuhnya alergi bisa dicegah. Penderita harus tau apa yang pemicu alergi yang dialaminya, dan setelah itu hindari alergen tersebut, agar alergi yang dialaminya tidak kambuh. Oleh karena itu, penderita alergi memang benar-benar perlu menjalani pola hidup sehat dengan baik. Karena hal itu akan sangat membantu mencegah alergi yang dialaminya kambuh. Misalnya, jika alergi telur, maka itu artinya penderita tidak boleh lagi mengkonsumsi telur dan makanan yang mengandung telur. Konsumsilah makanan sehat dan jangan lupa berolahraga agar terhindar dari berbagai penyakit. Jika alergi debu, maka jaga selalu kebersihan rumah dan sering-seringlah mengenakan masker, serta hindari tempat-tempat atau benda-benda yang berdebu.

Untuk mengetahui dan memastikan apakah Anda menderita alergi terhadap sesuatu, hanya uji laboratoriumlah yang bisa membuktikan. Saat berkonsultasi dengan dokter, Anda akan diminta menceritakan riwayat alergi keluarga, pola makan, serta reaksi yang Anda alami. Setelah itu barulah akan dilanjutkan dengan tes darah dan uji laboratorium untuk memastikan alergi apa saja yang Anda alami. (Baca Juga : Obat Jantung Bocor)

Berbagai obat yang tersedia untuk mengatasi alergi makanan

Jika Anda merasakan timbulnya reaksi alergi seperti ruam merah, gatal-gatal, bentol pada kulit, diare, atau gatal pada rongga mulut setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Selain makanan, debu dan serbuk bunga juga menjadi pemicu alergi yang amat sering ditemui. Reaksi yang timbul biasanya adalah mata berair dan gatal, bersin-bersin, hidung gatal, dan sejenisnya.

Karena tak bisa disembuhkan, reaksi alergi juga bisa diminimalisir dengan mengonsumsi obat alergi, yaitu antihistamin untuk reaksi alergi yang ringan atau menengah atau adrenalin untuk mengatasi reaksi alergi parah. Namun sebaiknya harus berhati-hati sebelum mengonsumsi kedua obat alergi ini. Karena ada beberapa jenis obat antihistamin yang tak boleh dikonsumsi oleh anak yang berusia di bawah dua tahun.

Baca Juga :

Apa yang Menyebabkan Gigi Anak Berwarna Hitam?

Apa Saja Penyebab Anak Muntah-Muntah?

Apa Penyebab Anak Kurang Nafsu Makan?

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Penyebab Anak Sakit Perut, yang Biasa Hingga Serius | OBAT HERBAL AMAN UNTUK ANAK
  2. Olahraga Apa yang Cocok untuk Anak Balita? | OBAT HERBAL AMAN UNTUK ANAK

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*