Cara Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Hampir setiap wanita pasti pernah mempelajari cara merawat bayi baru lahir, baik ketika masih singe, setelah menikah, atau bahkan menjelang kelahiran. Karrena momen-momen saat merawat sang buah hati sangat lah ditunggu-tunggu oleh para bunda. Namun terkadang beberapa bunda baru masih seringkali dipusingkan dengan berbagai hal yang berbau mitos. Disini kami akan membantu mengulas sedikit cara merawat bayi baru lahir, diantaranya cara merawat tali pusat bayi baru lahir.

Cara Merawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

tali pusatSetiap anggota badan bayi baru lahir, harus dibersihkan dengan hati-hati, termasuk tali pusat bayi yang belum kering. Hal yang pertama dilakukan setelah tubuh bayi dibersihkan oleh bidan, tali pusat cukup diberikan cairan alkohol dan dibersikan dengan kain kassa steril. Namun untuk perawatan di rumah atau selanjutnya, setelah dbersihkan saat mandi atau terkena air, sebaiknya tidak dibubuhi ramuan apapun, seperti betadine, alcohol, atau lainnya, melainkan cukup diusap dengan kain kassa steril, setelah kering, bayi bisa langsung dipakaikan baju.

Dalam hal cara merawat tali pusat bayi baru lahir, banyak ibu baru yang merasa bingung antara memakai gurita bayi atau tidak. Saat ini, dokter tidak menyarankan pemakain gurita pada bayi, karena bisa mengganggu pernafasan bayi. Namun seringkali orang best online casino tua terdahulu memaksa untuk menggunakan gurita bayi dengan berbagai alasan, seperti, agar perutnya tidak kembung, agar pusar nya tidak menonjol (dosol), agar bayi nyaman, agar atli pusat aman dan tidak tergeser. Sebetulnya hal tersebut tidak akan terjadi, perut bayi baru lahir memang cenderung besar dan tampak kembung, namun seiring berjalannya waktu hal tersebut bisa menjadi normal. Jika diharuskan menggunakan gurita bayi, maka ikatannya harus longgar, sehingga bayi masih bisa bergerak dan tidak mengganggu pernafasannya. itulah diantara cara merawat tali pusat bayi baru lahir.

Berapa lama Tali Pusat Bayi bisa lepas?

ini pun salah satu pertanyaan yang sering membuat bunda baru cemas, berapa lama tali pusat bayi lepas?, sebetulnya hal ini memang tidak mempengaruhi kesehatan bayi, baik cepat atau lambat tali pusat akan lepas dengan sendirinya. Namun terkadang ada beberapa kasus, dimana jika tali pusat belum lepas, sang bayi akan terus menangis siang/malam karena merasa kesakitan. Namun hal itu sebetulnya normal, bayi baru lahir akan menangis dan tidur tidak nyenyak abhakn belum hafal waktu siang atau malam. 

Cara merawat tali pusat bayi baru lahir bisa mempengaruhi cepat atau lambatnya tali pusat lepas, tali pusat biasanya akan lepas dalam waktu 1-2minggu bahkan bisa lebih cepat sekitar 3 hari. Jika tali pusat sudah kering, maka sebentar lagi akan lepas. Setelah tali pusat lepas, kadang pangkalnya tampak menyembul sedikit hal yang wajar, kecuali kondisi hernia umbilikalis yang berat, maka perlu rujukan untuk ke dokter anak guna perawatan lebih lanjut. Perawatan tali pusar setelah lepas juga tidak perlu ditempeli uang koin untuk mencegah tidak bodong. 

Semoga artikel Cara Merawat Tali Pusat bayi baru lahir bisa bermanfaat bagi para bunda yang membutuhkan, silakan Share artikel ini sebnyak-banyak. Terimakasih.

Artikel Lainnya:

Obat herbal penyakit kuning pada bayi

Obat Herbal Alergi pada  Bayi

Obat herbal jantung Bocor Pada Bayi

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*