Mengapa Penyakit Hepatitis Bisa Menjadi Kanker Hati??

Mengapa Penyakit Hepatitis Bisa Menjadi Kanker Hati??

Hepatitis merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyerang organ hati, di mana hati mengalami peradangan yang membuat fungsinya tidak berjalan maksimal dan mempengaruhi/mengganggu fungsi organ yang lainnya, sehingga kesehatan seseorang mengalami gangguan secara keseluruhan.

Mengapa Penyakit Hepatitis Bisa Menjadi Kanker Hati??

Hepatitis diklasifikasin menjadi beberapa jenis. Berdasarkan penyebabnya, hepatitis dibedakan menjadi hepatitis A, B, C, D, dan juga E. Kemudian berdasarkan kondisinya, hepatitis dibedakan menjadi hepatitis kronis dan hepatitis akut. Hepatitis juga memang berisiko menjadi kanker hati, namun itu tidak berlaku pada semua jenis hepatitis. Kanker hati yang berasal dari penyakit hepatitis, sebagian besar disebabkan oleh hepatitis kronis. Hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut ‘hepatitis kronis’, sedangkan hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut ‘hepatitis akut’. Sebanyak 80% hepatitis kronis menjadi penyebab kanker hati.

Baca Juga : Rendahnya Kesadaran Diri Terhadap Penyakit Hepatitis

Berdasarkan penyebabnya, hanya virus hepatitis B dan hepatitis C yang berpotensi untuk menyebabkan kanker hati. Sebab, pada jenis hepatitis tersebut dapat mengakibatkan hepatitis kronis yang memang menjadi pemicu utama mengapa hepatitis bisa menjadi kanker hati, seperti yang telah dikatakan dari awal. Kanker hati sendiri adalah pertumbuhan jaringan abnormal dan berlebihan di dalam hati. Kanker ini dapat berinvasi (menyerang), menyebar, dan menyebabkan destruksi atau penghancuran jaringan tubuh lainnya.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang menjelaskan keterkaitan antara hepatitis B dan hepatitis C yang memang berpotensi menjadi kanker hati, antara lain :

  • Seseorang yang menderita hepatitis B kronis berisiko terkena kanker hati meskipun tidak menderita sirosis hati. Sementara pada penderita hepatitis C kronis tidak berisiko terkena kanker hati, kecuali jika sebelumnya terlebih dahulu terkena sirosis hati.
  • Penderita hepatitis B kronis yang mendapatkan terapi antiviral (anti virus) dapat berkurang risikonya untuk terkena kanker hati.
  • Penderita hepatitis C akan meningkat risikonya untuk terkena kanker hati jika mempunyai riwayat sirosis hati yang disebabkan oleh konsumsi alkohol secara berlebihan.
  • Pada penderita hepatitis C kronis yang mendapatkan terapi antiviral (anti virus) juga dapat menurunkan risikonya terkena kanker hati.

Baca Juga : Obat Hepatitis Paling Ampuh

Dan berikut ini juga ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko penderita hepatitis C untuk terkena kanker hati, diantaranya :

  • Menderita sirosis hati.
  • Berusia di atas 65 tahun.
  • Jenis kelamin pria.
  • Terdapat peningkatan kadar alpha-fetoprotein, yaitu suatu penanda tumor di dalam darah.
  • Pecandu alkohol.
  • Menderita penyakit HIV.

Itulah Mengapa Penyakit Hepatitis Bisa Menjadi Kanker Hati. Jadi kesimpulannya, tidak semua hepatitis bisa menjadi kanker hati, yakni hanya jenis hepatitis kronis saja yang berisiko terkena kanker hati. Pun untuk hepatitis C kronis, perlu terkena sirosis hati terlebih dahulu sebelum terkena kanker hati.

Semoga informasinya dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan, aamiin…

Sumber: www.futuready.com

Baca Juga : Keganasan Virus Hepatitis Menelan Banyak Korban

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Sebarapa Bahayakah Penyakit Hepatitis Terhadap Kesehatan?? | OBAT HEPATITIS PALING MUJARAB DAN AMPUH

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*