Minuman Beralkohol, Penyebab Utama Kerusakan Hati

Minuman Beralkohol, Penyebab Utama Kerusakan Hati

Hati merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh manusia. Hati juga merupakan organ yang tergolong sangat kompleks selain otak. Hati berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan, menyaring racun dari darah, mengatur gula darah dan kolesterol, serta membantu tubuh melawan infeksi serta serangan penyakit lain. Oleh karena itu, sangat penting menjaga kesehatan hati, karena fungsi hati yang juga sangat berperan penting dalam kelangsungan hidup seseorang.

Minuman Beralkohol, Penyebab Utama Kerusakan Hati

Baca Juga : Obat Hepatitis Paling Ampuh

Salah satu hal yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan hati adalah minuman beralkohol, karena minuman tersebut dapat menyebabkan kerusakan hati dan bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada hati. Ilustrasinya, ketika seseorang menenggak minuman beralkohol, maka cairan tersebut akan diserap ke dalam aliran darah. Alkohol dalam konsentrasi tinggi akan melewati organ hati sebelum beredar ke seluruh tubuh. Di dalam organ hati terdapat sel-sel yang mengandung enzim yang bertugas mengubah zat alkohol menjadi air dan karbondioksida agar tidak berdampak negatif pada bagian tubuh lain.

Setiap kali terkena zat alkohol, beberapa sel-sel hati akan mati. Namun karena hati merupakan organ yang tangguh, hati bisa dengan mudah memproduksi sel-sel baru. Akan tetapi jika terus menerus mengonsumsi alkohol dalam jangka panjang, maka kemampuan hati yang bisa meregenerasi sel baru akan terganggu. Akibatnya hati tidak bisa memproduksi sel-sel baru yang mengakibatkan hati menjadi rusak parah.

Baca Juga : Seberapa Bahayakah Penyakit Hepatitis Terhadap Kesehatan??

Dan berikut ini adalah beberapa jenis kerusakan hati yang akan dialami oleh seseorang yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol, diantaranya :

  • Perlemakan hati. Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati karena sebagian orang yang mengalami perlemakan hati bisa terkena penyakit hepatitis.
  • Hepatitis. Sama seperti perlemakan hati, hepatitis juga jarang menimbulkan gejala. Namun meski begitu, jangan anggap remeh penyakit hepatitis, karena penyakit ini sangat serius dan bisa mengancam jiwa. Jika sudah menderita hepatitis masih saja minum alkohol, hepatitis akan makin berkembang. Hepatitis yang sudah akut bisa menyebabkan gagal hati. Hal ini bisa menyebabkan pembekuan darah terganggu, penyakit kuning, koma, dan perdarahan di dalam usus.
  • Sirosis hati. Di mana kondisi ini adalah ketika hati sudah rusak parah hingga tidak bisa memproduksi sel-sel baru lagi. Kesempatan hidup dapat diperpanjang dengan menjalani transplantasi hati jika kondisi sirosis sudah sangat parah atau mengalami komplikasi.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang menyerang organ hati akibat mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Oleh karena itu, berhentilah mengkonsumsi minuman beralkohol mulai dari sekarang, dan jangan sekali-kali mengkonsumsi minuman beralkohol, jika anda ingin terhindari dari kerusakan hati seperti yang telah disebutkan di atas.

Bergitulah bahaya Minuman Beralkohol, Penyebab Utama Kerusakan Hati. Sebaiknya perbanyak minum jus buah atau sayuran, atau minum susu untuk menjaga kesehatan.

Semoga informasinya dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, aamiin…

Sumber: www.alodokter.com

Baca Juga : Mengapa Penyakit Hepatitis Bisa Menjadi Kanker Hati??

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Pentingnya Imunisasi Untuk Mencegah Hepatitis A | OBAT HEPATITIS PALING MUJARAB DAN AMPUH

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*