Nutrisi Apa yang Diperlukan Anak Saat Ujian Sekolah?

Nutrisi Apa yang Diperlukan Anak Saat Ujian Sekolah?

Bunda, mau tau Nutrisi Apa yang Diperlukan Anak Saat Ujian Sekolah? Mari kita temukan jawabannya dalam pembahasan berikut ini!

Nutrisi Apa yang Diperlukan Anak Saat Ujian Sekolah?

Kecukupan nutrisi anak haruslah diperhatikan setiap hari. Namun khususnya selagi masa ujian sekolah, anak membutuhkan nutrisi tambahan agar dapat tetap sehat dan fokus pada ujian. Oleh karena itu, selain memperbanyak waktu belajar dan mempersiapkan mental, anak juga perlu makan makanan yang sehat selama ujian. Tidak ada salahnya apabila Anda lebih memperhatikan makanan yang anak Anda makan.

Daftar nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan anak selama masa ujian sekolah

Berikut adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan otak anak dan dampak kekurangan vitamin-vitamin tersebut pada performanya di sekolah.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 berperan penting dalam mengantar impuls sel saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat berpengaruh pada kondisi mental, kemampuan belajar, energi, kemampuan tubuh dalam menghadapi tekanan, dan daya ingat pada penderita penyakit Alzheimer. Vitamin B1 bisa ditemukan pada kacang-kacangan, daging, ragi, dan biji sereal.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lapisan pelindung serat saraf otak. Vitamin untuk otak yang satu ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, kehilangan ingatan, menurunnya suasana hati, dan penurunan mental. Vitamin B12 bisa ditemukan pada daging sapi, domba, ikan, unggas, dan babi.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 berperan memproduksi serotonin dan dopamin yang menjaga suasana hati dan kewaspadaan anak saat mengerjakan ujian sekolah. Vitamin B6 terdapat pada kangkung, kembang kol, lobak, sawi, tuna, dan bawang putih.

  • Asam folat

Kekurangan asam folat dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus anak. Asam folat juga membantu menurunkan kadar asam amino homosistein pada darah yang menyebabkan kerusakan pada sel otak. Asam folat bisa ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal gandum.

  • Vitamin E

Vitamin E dapat meningkatkan kemampuan otak dan juga menyeimbangkan mood anak sehingga terhindar dari stres berlebihan. Kekurangan vitamin E membuat tubuh kekurangan kemampuannya dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan otak, misalnya penyakit degeneratif Alzheimer.

Kacang almond, hazelnut, tepung gandum, minyak jagung, dan sayuran hijau, adalah beberapa contoh makanan yang memiliki kedua jenis tokoferol dari vitamin E, yaitu antioksidan yang berguna melawan radikal bebas.

  • Vitamin C

Vitamin ini merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas. Vitamin ini dipercaya juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak selama masa ujian sekolah agar badannya tak cepat nge-drop. Beberapa buah sumber vitamin C yang dapat Anda konsumsi adalah brokoli, jeruk dan stroberi.

  • Asam lemak omega-3

Omega-3 merupakan nutrisi penting dalam perkembangan otak. Kekurangan asam lemak omega-3 diduga bisa menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak dan meningkatkan risiko gangguan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, disleksia, ADD (attention deficit disorder), dan skizofrenia. Asam lemak omega-3 terdapat pada ikan salmon, buah kiwi, biji rami, dan kenari.

  • Air

Tubuh bergantung pada air agar bisa berfungsi dengan baik. Air pada tubuh berfungsi bak minyak bagi mesin. Jika Anda tidak minum cukup air sepanjang hari untuk mengisi cairan yang hilang, otak Anda akan menanggung konsekuensinya. Tidak minum cukup air dapat menyebabkan kelelahan dan sakit kepala. Ini adalah hal terakhir yang anak Anda inginkan selama masa ujian sekolah. Pastikan anak terus mendapatkan banyak air sehingga ia dapat belajar dengan pikiran yang jernih dan tetap produktif.

  • Zat besi

Zat besi merupakan unsur yang berperan dalam produksi hemoglobin, pigmen merah pembawa oksigen dalam darah, dan mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anak terkena anemia. Akibat terkena anemia, anak akan cenderung merasa lelah, lemas, dan mudah stres selama masa ujian sekolah. (Baca Juga : CARA MENGOBATI PSORIASIS)

Tips memenuhi kecukupan nutrisi anak selama menghadapi ujian sekolah

  • Makan secara teratur

Makan yang teratur dan sehat akan membuat tubuh dan otak anak Anda dipenuhi dengan nutrisi yang penting untuk menghadapi ujian sekolah. Otak membutuhkan energi dari makanan untuk bekerja secara efisien. Jam makan yang paling penting ketika akan ujian adalah sarapan.

Jika anak Anda melewatkan sarapan ketika akan ujian sekolah, anak Anda akan merasa lapar saat ujian sehingga akan mengurangi fokusnya. Mengonsumsi makanan yang sehat saat sarapan yaitu berupa kombinasi antara serat, protein, dan kalsium. Buah, susu, dan gandum adalah menu yang baik untuk sarapan.

Cukupi kebutuhan nutrisinya dari berbagai sumber makanan yang telah disebutkan di atas. Jangan lupa juga pastikan anak minum cukup air dan mendapatkan camilan sehat. Beberapa contoh cemilan sehat adalah pisang dengan selai kacang atau kentang panggang dengan keju.

  • Istirahat yang cukup

Menghadapi ujian mungkin akan membuat anak Anda kelelahan dan stres karena harus mempelajari semua materi ujian. Bahkan akan membuat anak Anda tidur larut malam dan suka melupakan waktu makan.

Kurang istirahat akan membuat anak Anda sulit untuk memahami materi yang sudah dipelajari. Walaupun materi ujian sangat banyak dan anak Anda harus mempelajari semuanya, tapi tetap ingatkan anak Anda untuk istirahat. Agar keesokan harinya ketika akan ujian, anak Anda tidak kelelahan dan bahkan hilang fokus.

Nutrisi Apa yang Diperlukan Anak Saat Ujian Sekolah? Semuanya sudah dijawab dalam pembahasan di atas. Jadi, sekarang Bunda bisa menyiapkan menu makanan yang mengandung nutrisi penting yang telah disampaikan di atas guna menunjang kesehatan dan kecerdasan otak Anak. Semoga bermanfaat dan semoga Anak Bunda bisa mendapatkan hasil ujian sekolah yang memuaskan. Tapi INGAT!!! Jangan lupa juga untuk belajar, karena memenuhi nutrisi di atas saja tidak akan cukup untuk bisa mendapatkan hasil ujian sekolah yang bagus.

Baca Juga :

Seberapa Penting Imunisasi MR (Campak Rubella) untuk Anak?

Bunda, Beginilah Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak !

Cobalah Trik Berikut Ini Jika Anak Susah Makan

2 Trackbacks & Pingbacks

  1. Tips Menangani Anak Yang Tidak Mau Sekolah | OBAT HERBAL AMAN UNTUK ANAK
  2. Apa Penyebab Penyebab Anak Kurang Nafsu Makan? | OBAT HERBAL AMAN UNTUK ANAK

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*