Pantangan Bagi Penderita Hepatitis B

Pantangan Bagi Penderita Hepatitis B

pn3Pantangan Bagi Penderita Hepatitis B => Orang yang mederita penyakit hepatitis B sangatlah harus memperhatikan tubuhnya, terutama dalam hal memberi asupan makanan pada tubuh, karena bila tidak akan mengakibatkan gejala yang sangat serius seperti halnya kematian. Hepatitis merupakan pembengkakan pada organ liver (Hati), kebanyakan disebabkan oleh infeksi secara vital. Gejala hepatitis seperti penguningan pada kulit dan mata, air seni yang berwarna gelap, sakit kepala yang luar biasa, muntah dan rasa sakit dibagian abdomen. Pola makan dan jenis makanan memiliki peran penting dalam tahap penyembuhan dan pencegahan memburuknya penyakit tersebut.

Pantangan Makanan Penderita Hepatitis B

  • Jangan mengkonsumsi mie instan dan produk mie lainnya seperti ramen, mie ayam, mi bakso, dll.
  • Jangan mengkonsumsi alkohol dan minuman bersoda. karena kedua minuman tersebut hanya akan memperberat kerja hati
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya. Misalnya: makanan kalengan, buah kering dalam kemasan, snack, dll.

Pantangan Bagi Penderita Hepatitis B

  • Jangan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, kalori, dan lemak jenuh tinggi. Seperti: kue tart, margarin, susu dan olahannya termasuk keju, cokelat, roti, gorengan, fast food, dll.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti daging, jeroan, es krim, dll.
  • Hindari penggunaan bumbu yang kuat seperti cabai, jenis bawang-bawangan terutama bawang bombai, merica/lada, cuka, jahe dll
  • Jangan memakan makanan yang menimbulkan gas, seperti ubi, kacang merang, lobak, mentimun, durian, kol, sawi, dan nangka.
  • Jangan terlalu banyak konsumsi sayuran atau buah yang memiliki kandungan serat tinggi.

Agar lebih sehat, kami sarankan untuk mengolah makanan dengan cara di tim / kukus atau di rebus. Hindari mengolah makanan dengan cara di goreng apalagi dengan menggunakan minyak goreng bekas dan hindari juga pengolahan makanan dengan cara di bakar. Mencukupi kebutuhan air dan berolahraga ringan setidaknya 3 kali dalam seminggu selama 45 menit dapat membantu kesehatan Anda. Jogging di pagi hari bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda.

Pantangan Bagi Penderita Hepatitis B

Penderita hepatitis B lebih baik memiliki pola makan empat atau lima kali sehari dengan porsi kecil dibandingkan hanya dua kali namun dengan porsi besar. Cara tersebut membuat liver bekerja terlalu berat dalam satu waktu.

Hanya itulah yang dapat kami sampaikan mengenai artikel Pantangan Bagi Penderita Hepatitis B semoga bermanfaat kurang dan lebihnya kami mohonkan maaf berhubungan ini bulan syawal jadi harus minal aidzin walfaidzin yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*