Penyebab Anak rewel dan cara mengatasi Anak rewel

Penyebab Anak rewel dan cara mengatasi anak rewel

ttBayi menangis itu wajar, namun jika bayi menginjak usia balita hal ini perlu diperhatikan. Dikala anak sudah mulai bisa berbicara, hampir semua permintaanya bisa dia ucapkan. Namun terkadang si kecil meminta sesuatu yang tidak baik untuk dirnya, karena dia belum mengerti dia akan menangis ketika permintaannya tidak terkabulkan. ketika tangisannya tak kunjung berhenti banyak orang tua menyebutnya dengan rewel, Hal seperti ini pun bisa menjadi penyebab anak rewel. dalam kesempatan kami akan berbagai penyebab anak rewel dan cara mengatasi anak rewel.

Inilah Diantra penyebab anak rewel

  • Kondisi Fisik yang tidak Nyaman

penyebab anak rewel yang pertama bisa disebabkan karena kondisi fisik yang kurang nyaman, seperti lapar, kedinginan, haus, kepanasan, pegal. apalagi jika kondisi fisik anak sedang tidak fit alias sakit, hal ini biasanya menjadi penyebab rewel yang paling tinggi.

Cara mengatasi anak rewel ketika sakit:

Bersabar Anak sakit, karena ia lebih membutuhkan banyak perhatian ketimbang anak sehat. Jadi, dampingi selalu si kecil. berikan perhatian lebih kepada anak anda. Jalinlah komunikasi yang hangat dan menghibur. Tanyakan, apa yang dia rasakan. Sedapat mungkin berikan beberapa pertolongan kecil, seperti mengusap-usap perut atau mengipasi. Jika perlu, dekaplah dia dengan penuh kasih. Jika anak menolak makan, tak perlu dipaksa, melainkan disuapi sedikit demi sedikit. Buatlah menu makanan yang lembut dan mudah dikunyah. Hal yang sama berlaku buat obat. Katakan, obat harus diminum agar anak bisa sehat dan bisa bermain kembali.Ciptakan suasana yang menyenangkan , hingga anak merasa nyaman dan tidak bosan.Hindari menunjukkan kesedihan di depan anak. Lakukan kegiatan bermain yang disukainya. Membacakan dongeng favorit bisa menjadi pilihan. Sediakan juga mainan yang bisa dilakukan di tempat tidur seperti boneka tangan, mewarnai, melipat kertas, nonton teve atau film kesayangan, dan sebagainya. 

  • Mencari perhatian

Terkadang balita anda rewel karena merasa kurang diperhatikan, seperti ketika orang tua sibuk dengan gadget atau televisi, anak yang sedang bermain sendiri mungkin tiba-tiba menangis karena merasa kurang diperhatikan.  Ini kerap terjadi karena umumnya orang tua banyak memberikan perhatian kepadanya saat sedang rewel saja. Sementara saat sedang bersikap manis si kecil kurang mendapat perhatian.

Cara Mengatasi anak rewel karena mencari perhatian:

Jangan berikan perhatian khusus pada saat si batita rewel. Bila perlu jangan penuhi permintaannya sehingga ia menyadari bahwa cara yang telah dilakukan tidaklah benar. Tindakan ini dapat sekaligus untuk mengajari si batita mengendalikan diri. Ajak si batita berkomunikasi, sampaikan bahwa cara yang dilakukan adalah salah. Biasakan untuk memberi perhatian kepada anak setiap saat, terutama saat ia bersikap manis. Bentuk perhatian itu bisa dengan cara memuji atau mengomentari apa yang sedang ia lakukan atau kerjakan.

  • Perasaan yang Tidak Nyaman

Balita anda juga bisa memilki perasaan terluka, hal ini biasanya ketika anak dimarahi atau ditegur berlebihan. Akibatnya sang anak bisa melampiaskan kekesalannya atau perasaan terlukanya dengan menangis atau rewel sambil berteriak

Cara mengatasi Anak rewel 

Jangan terpancing. Rangkullah si balita dan ucapkan kalimat yang menenangkan Dengan rangkulan dan kalimat yang menenangkan akan membuat si batita merasa nyaman. Perasaan nyaman dan terlindungi, niscaya tak akan membuat si batita jadi rewel berkepanjangan.

  • Tidak Mampu Mengerjakan Sesuatu

Batita atau Balita memang masih senang bereksplorasi, namuan terkdang banyak hal yang belum mampu mereka lakukan. Akibatnya anak anda akan kesal sendiri dan rewel, hal ini kerap terjadi ketika anak anda sedang bermain, baik bermain sendiri atau ketika bersama teman-temannya.

Untuk memacu semangatnya sekaligus membangun rasa percaya diri, berikan penghargaan walaupun kemampuan yang dicapai sangatlah kecil.Sebaliknya, , Jangan paksa anak melakukan sesuatu yang memang belum mampu dilakukannya. 

itulah diantara penyebab anak rewel dan cara mengatasi anak rewel , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua

 

Artikel lainnya:

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*